Senin, 10 Desember 2012

Modul 3 Aplikasi Game Casino Angka dan Gambar

Aplikasi Game Casino Angka dan Gambar


Saat ini  telah banyak permainan dalam bentuk yang beraneka macam. Mulai dari game adu cepat, kelincahan, sampai adu kekuatan. Untuk itu kelompok kami mencoba membuat  sebuah game tentang ketepatan.Game ini terdiri dalam dua versi versi angka dan gambar.

1.      TUJUAN
Membuat salah satu bentuk  progam permainan
2.      MANFAAT
Dapat menghilangkan penat
3.      SASARAN/PENGGUNA PROGAM
Masyarakat umum
4.      Flowchart


Analisis dan Tutorial Aplikasi Game Casino Angka dan Gambar

1.     Buka Progam  Microsoft Visual Basic 2010.
2.   Pilih dan klik New Project.

 
  3.     PilihToolBox yang akan digunakan untuk membuat suatu perintah.

      4.     Mulai bekerja pada bidang kerja (form)
5. Progam aplikasi game terdiri dari 3 form.
 
Komponen toolbox yang digunakan pada form1:


Komponen
Properties
Keterangan
Form1
Name
Text
Form 1

Label 1
Name
Text
Label1
Selamat Datang di Planet Game
Label 2
Name
Text
Label2
PilihPermainan
Label 3
Name
Text
Label3
Game Angka
Label 4
Name
Text
Label4
Game Gambar
Button1
Name
Text
Button1
Keluar
Button2
Name
Text
Button2
Masuk
Button3
Name
Text
Button3
Masuk


Komponen toolbox yang digunakan pada Form2:

Komponen
Properties
Keterangan
Form1
Name
Text
Form 2

Label 1
Name
Text
Label1
Coba
Label 2
Name
Text
Label2
=
Label 3
Name
Text
Label3
3
Label4
Name
Text
Label
0
Label5
Name
Text
Label
0
Label6
Name
Text
Label
0
Button1
Name
Text
Button1
Main
Button2
Name
Text
Button2
Berhenti
Button3
Name
Text
Button3
Kembali
PictureBox1
Name
Text
PictureBox1
PictureBox2
Name
Text
PictureBox2
PictureBox3
Name
Text
PictureBox3
Timer1
Name
Text
Timer1
OvalShape1
Name
Text
OvalShape1

 
Komponen toolbox yang digunakanpada Form3:
Komponen
Properties
Keterangan
Form1
Name
Text
Form 3

Label 1
Name
Text
Label1
Coba
Label 2
Name
Text
Label2
=
Label 3
Name
Text
Label3
3
ImageList1
Name
Text
ImageList1
Button1
Name
Text
Button1
Main
Button2
Name
Text
Button2
Berhenti
Button3
Name
Text
Button3
Kembali
Timer1
Name
Text
Timer1
PictureBox1
Name
Text
PictureBox1
PictureBox2
Name
Text
PictureBox2
PictureBox3
Name
Text
PictureBox3
OvalShape1
 Name
Text
OvalShape1

 Analisis Aplikasi Game Casino Angka dan Gambar

Analisis listingdariform1 :
            PublicClassForm1

PrivateSub Button2_Click(ByVal sender AsSystem.Object, ByVal e AsSystem.EventArgs) Handles Button2.Click
Form2.Show()
       EndSub
Digunakan  untuk menampilkan Form2


PrivateSub Button3_Click(ByVal sender AsSystem.Object, ByVal e AsSystem.EventArgs) Handles Button3.Click
Form3.Show()

EndSub
Digunakan untuk menampilkan Form3

PrivateSub Button1_Click(ByVal sender AsSystem.Object, ByVal e AsSystem.EventArgs) Handles Button1.Click
Close()

EndSub
       “ Close()” Digunakan untuk menutup progam aplikasi yang sedang berjalan.


PrivateSub Form1_Load(ByVal sender AsSystem.Object, ByVal e AsSystem.EventArgs) HandlesMyBase.Load

EndSub
EndClass


            Analisis listingdariform2 :
            PublicClassForm2
SubPutaran()
        Label4.Text = CStr(Int(Rnd() * 20))
        Label5.Text = CStr(Int(Rnd() * 20))
        Label6.Text = CStr(Int(Rnd() * 20))
EndSub
       Digunakan untuk mengubah tipe data dari tipe data string ke integer dengan perintah acak dan berputar (Rnd(Round)) sebanyak  20 kali putaran.
 
PrivateSub Form2_Load(ByVal sender AsSystem.Object, ByVal e AsSystem.EventArgs) HandlesMyBase.Load

EndSub

PrivateSub Button3_Click(ByVal sender AsSystem.Object, ByVal e AsSystem.EventArgs) Handles Button3.Click
Application.Restart()

EndSub
       Aplication.Restart() digunakan untuk merestart progam kembali (kembali ke form awal agar bisa memainkan game lagi)

PrivateSub Button1_Click(ByVal sender AsSystem.Object, ByVal e AsSystem.EventArgs) Handles Button1.Click
CallPutaran()

        Timer1.Enabled = True
        Label3.Text = Val(Label3.Text)
If Label3.Text = 3 Then Button1.Enabled = False
        Label3.Text = Val(Label3.Text) - 1
If Label3.Text = 2 Then Button1.Enabled = True
If Label3.Text = 1 Then Button1.Enabled = True
If Label3.Text = 0 Then Button1.Enabled = False
.
        Button1.Enabled = True
EndSub

Keterangan:
       Call Putaran(): digunakan untuk memanggil perintah untuk memutar(mengacak) angka
            Timer1.Enabled = True  :digunakan untuk mengaktifkan toolbox timer
Label3.Text = Val(Label3.Text) : digunakan untuk mengubah label angka menjadi label angka yang bisa dihitung.

     If Label3.Text = 3 Then Button1.Enabled = False
        Label3.Text = Val(Label3.Text) - 1
            Digunakan  jika label3.Text bertuliskan 3 maka button 1 tidak aktif, label yang berada pada Label3.Text selalu berkurang satu setiap pengerjaan.

            If Label3.Text = 2 Then Button1.Enabled = True
If Label3.Text = 1 Then Button1.Enabled = True
If Label3.Text = 0 Then Button1.Enabled = False
.      Digunakan apabila teks pada label 3 sama dengan 1 dan 2 maka button 1 aktif, apabila teks pada label 3 sama dengan 0 maka button 1 tidak aktif.

           
PrivateSub Timer1_Tick(ByVal sender AsSystem.Object, ByVal e AsSystem.EventArgs) Handles Timer1.Tick
CallPutaran()
EndSub

Digunakan untuk memanggil perintah untuk memutar(mengacak) angka.

PrivateSub Button2_Click(ByVal sender AsSystem.Object, ByVal e AsSystem.EventArgs) Handles Button2.Click
        Timer1.Enabled = False
If Label3.Text = 0 Then
MessageBox.Show("GAME OVER")
            Button1.Enabled = False
            Button2.Enabled = False
EndIf


If (Label4.Text = Label5.Text) Then
MessageBox.Show("SelamatAndaBenar")
Else :MsgBox("CobaLagi")
EndIf

EndSub
EndClass
            Keterangan:
       Timer1.Enabled = False
            Digunakan untuk mentidakaktifkan timer1.
            If Label3.Text = 0 Then
MessageBox.Show("GAME OVER")
            Button1.Enabled = False
            Button2.Enabled = False
EndIf

            Digunakan untuk memberi perintah apabila teks pada label 3 sama dengan nol maka akan muncul messagebox “GAME OVER” dan button 1 serta 2 menjadi tidak aktif.
            If (Label4.Text = Label5.Text) Then
MessageBox.Show("SelamatAndaBenar")
            Digunakanuntukmemberiperintahapabila label 4.Text = label5.Text makaakanmunculmessagebox “SelamatAndaBenar”
            Else :MsgBox("CobaLagi")
EndIf
            Digunakan untuk memberi perintah  apabila label 4.Text tidak sama dengan label5.Text maka akan muncul messagebox “CobaLagi”

            Analisis listing dari form3 :
PublicClassForm3
Dim m, n1, n2, n3 AsInteger
SubPutaran()
EndSub
       Digunanakan untuk mendeklarasikan bahwa m, n1, n2, n3  mempunyai data variabel integer (bilangan bulat)dan melakukan  perintah untuk memutar gambar.

PrivateSub Button1_Click(ByVal sender AsSystem.Object, ByVal e AsSystem.EventArgs) Handles Button1.Click
CallPutaran()
        Timer1.Enabled = True
        Label3.Text = Val(Label3.Text)
If Label3.Text = 3 Then Button1.Enabled = True
        Label3.Text = Val(Label3.Text) - 1
If Label3.Text = 2 Then Button1.Enabled = True
If Label3.Text = 1 Then Button1.Enabled = True
If Label3.Text = 0 Then Button1.Enabled = False

        PictureBox1.Visible = True
        PictureBox2.Visible = True
        PictureBox3.Visible = True

EndSub

       Keterangan:

       CallPutaran()                     : digunakan untuk melakukan perintah untuk memutar gambar.
       Timer1.Enabled = True             : digunakan untuk mengaktifkan timer1.
       Label3.Text = Val(Label3.Text)    : digunakan untuk mengubah label angka menjadi label angka yang bisa dihitung.

       If Label3.Text = 3 Then Button1.Enabled = True  : digunakansaat Label3.Text samadengantigamakan Button 1 aktif.
       Label3.Text = Val(Label3.Text) – 1
       Digunakan untuk memberi perintah bahwa teks yang berada pada Label3.Text selalu berkurang satu setiap pengerjaan.

       If Label3.Text = 2 Then Button1.Enabled = True
If Label3.Text = 1 Then Button1.Enabled = True
If Label3.Text = 0 Then Button1.Enabled = False
       Digunakan apabila tekspada label 3 sama dengan 1 dan 2 maka button 1 aktif, apabila teks pada label 3 sama dengan 0 maka button 1 tidak aktif.

      
PrivateSub Button3_Click(ByVal sender AsSystem.Object, ByVal e AsSystem.EventArgs) Handles Button3.Click
Application.Restart()

EndSub
      
PrivateSub Timer1_Tick(ByVal sender AsSystem.Object, ByVal e AsSystem.EventArgs) Handles Timer1.Tick
        m = m + 1
If m < 1000 Then
            n1 = Int(1 + Rnd() * 10)
            n2 = Int(1 + Rnd() * 10)
            n3 = Int(1 + Rnd() * 10)
Digunakan untuk memberi atau memasukkan perintah bahwa m = m+1, jika m kurang dari 1000 maka n1, n2, n3 (situasi 1,2,dan3)diubahdalam data variabel integer dengan pengulangan (berputar/round) 10 kali.
SelectCase n1
Case 1
                    PictureBox1.Image = ImageList1.Images.Item(0)
Case 2
                    PictureBox1.Image = ImageList1.Images.Item(1)
Case 3
                    PictureBox1.Image = ImageList1.Images.Item(2)
Case 4
                    PictureBox1.Image = ImageList1.Images.Item(3)
Case 5
                    PictureBox1.Image = ImageList1.Images.Item(4)
Case 6
                    PictureBox1.Image = ImageList1.Images.Item(5)
EndSelect

       Digunakan untuk memasukkan situasi 1,dimana situasi 1 terdiridari 6 item dari ImageList1.
SelectCase n2
Case 1
                    PictureBox2.Image = ImageList1.Images.Item(0)
Case 2
                    PictureBox2.Image = ImageList1.Images.Item(1)
Case 3
                    PictureBox2.Image = ImageList1.Images.Item(2)
Case 4
                    PictureBox2.Image = ImageList1.Images.Item(3)
Case 5
                    PictureBox2.Image = ImageList1.Images.Item(4)
Case 6
                    PictureBox2.Image = ImageList1.Images.Item(5)
EndSelect
       Digunakan untuk memasukkan situasi 2,dimana situasi 2terdiridari 6 item dari ImageList1
SelectCase n3
Case 1
                    PictureBox3.Image = ImageList1.Images.Item(0)
Case 2
                    PictureBox3.Image = ImageList1.Images.Item(1)
Case 3
                    PictureBox3.Image = ImageList1.Images.Item(2)
Case 4
                    PictureBox3.Image = ImageList1.Images.Item(3)
Case 5
                    PictureBox3.Image = ImageList1.Images.Item(4)
Case 6
                    PictureBox3.Image = ImageList1.Images.Item(5)
EndSelect
       Digunakan untuk memasukkan situasi 3,dimana situasi 3 terdiridari 6 item dari ImageList1
EndIf
EndSub

PrivateSub Button2_Click(ByVal sender AsSystem.Object, ByVal e AsSystem.EventArgs
Handles Button2.Click
        Timer1.Enabled = False
       Digunakan untuk mentidakaktifkan Timer 1
If (n1 = n2) Then
MessageBox.Show("SelamatAndaMenang")
       Else :MsgBox("CobaLagi")

EndIf
       Digunakan untuk memasukkan perintah apabila situasi satu sama dengan situasi dua maka akan muncul mesagebox “SelamatAndaMenang” dan apabila tidak maka muncul messagebox “CobaLagi”

If Label3.Text = 0 Then
MessageBox.Show("GAME OVER")
            Button1.Enabled = False
            Button2.Enabled = False
EndIf
      
EndSub
EndClass
            Digunakan untuk memeberi perintah apabila label3.teks sama dengan 0 maka akan muncul messagebox “GAME OVER” dan button 1 dan 2 tidak aktif.

 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar